Selasa, 27 Maret 2012

Home » , , , , » Kode QR di Atap Gedung

Kode QR di Atap Gedung

Wah, Ada Kode QR di Atap Gedung
CALIFORNIA - Ada keunikan pada salah satu atap gedung kantor Facebook yang baru di Menlo Park, kampus California. Sesuatu yang unik ini terlihat dari satelit di angkasa yakni tertampil kode QR raksasa di atap gedung tersebut.

Seperti dilansir Slashgear, Selasa (27/3/2012), ide unik ini datang dari kelompok karyawan di gedung tersebut untuk melukis kode QR. Belum diketahui secara pasti untuk apakah kode tersebut. Namun, Mark Park dari asosiasi kekayaan intelektual Facebook menulis melalui blognya, Mark Zuckerberg mendorong karyawan melakukan aksi melukis kode tersebut untuk membedakan ruang kantor yang baru.

"Saya ingin melukis kode QR raksasa di suatu tempat sehingga kami bisa melakukan RickRoll (memancing orang untuk masuk) dengan peta online atau orang mengarah ke situs karir kami dan mengirim mereka ke (link) 'Clarissa Explains it All' GeoCities Page," tulis Park.

Berkat beberapa drum cat hitam dan kapur serta benang, ditambah dengan kecerdikan sekelompok karyawan yang berdedikasi menciptakan kode QR raksasa. Alhasil kode tersebut kini dapat terlihat melalui satelit.

"Lain kali Anda (lakukan) zoom in pada Facebook dari peta satelit atau Anda terbang dengan pesawat dari SFO (San Francisco International Airport), lalu melihat dekat ke atap (gedung) kami," pungkas Park.

Kode QR (Quick Response) atau biasa dikenal dengan istilah QR Code adalah bentuk evolusi kode batang dari satu dimensi menjadi dua dimensi. Awalnya, kode QR digunakan untuk melacak bagian kendaraan tertentu di pabrik. Kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon selular.

Kode QR berfungsi bagaikan hyperlinks fisik yang dapat menyimpan alamat dan URL, nomer telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya. Kehadiran kode ini memungkinkan audiens berinteraksi dengan media yang ditempelinya melalui ponsel secara efektif dan efisien.

Kode QR ini juga ditemukan pada ponsel BlackBerry yang dikenal dengan Barcode. Salah satu fungsinya untuk menambah kontak pada BlackBerry Messenger.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar