Kamis, 15 September 2011

Home » , , » Hati-Hati Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Hati-Hati Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Hati-Hati Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita


Hati-Hati Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita
Infeksi saluran kemih adalah jenis infeksi yang cukup sering dialami oleh wanita. Di Inggris saja berdasarkan data dari www.nhs.uk, 1 dari 3 wanita dibawah usia 24 tahun mengalami infeksi saluran kemih ini. Dan separuh lebih wanita lainnya setidaknya akan mengalami infeksi saluran kemih ini sekali dalam hidupnya. Meskipun infeksi saluran kemih ini juga dapat terjadi pada pria, tetapi angka kejadiannya lebih sedikit bila dibandingkan pada wanita.

Gejala infeksi saluran kemih yang sering dirasakan adalah :

Adanya rasa sakit atau seperti terbakar saat berkemih
Keinginan untuk sering berkemih
Sakit pada perut bagian bawah

Saluran kemih terdiri dari beberapa bagian, yaitu : 

Ginjal : Berfungsi untuk menyaring semua hasil buangan dari darah & dirubah menjadi air seni/urin.
Ureter : Berfungsi untuk menyalurkan air seni/urin dari ginjal ke kandung kemih
Kandung kemih : Adalah organ yang berbentuk seperti balon & berfungsi untuk menyimpan air seni/urin sebelum dikeluarkan.
Urethra : Adalah saluran pembuangan air seni/urin dari kandung kemih yang melewati penis pada pria atau antara vagina & klitoris pada wanita.
Infeksi saluran kemih dapat terjadi apabila ada bagian dari saluran kemih yang terinfeksi, umumnya karena bakteri. Bakteri dapat memasuki saluran kemih melalui urethra atau bahkan melalui aliran darah, walaupun lebih jarang terjadi.
Meskipun tidak ada penyebab jelas, kenapa infeksi saluran kemih dapat terjadi tetapi sebagian wanita melaporkan mengalami infeksi saluran kemih setelah melakukan hubungan seksual.

Terdapat 2 jenis infeksi saluran kemih, yaitu :
Infeksi saluran kemih bagian bawah : Terjadi pada bagian bawah saluran kemih, yang meliputi kandung kemih & urethra. Infeksi yang terjadi pada kandung kemih disebut dengan cystitis, sedangkan yang terjadi pada urethra disebut dengan urethritis
Infeksi saluran kemih bagian atas : Terjadi pada bagian atas saluran kemih, yang meliputi ginjal & ureter. Infeksi saluran kemih bagian atas ini lebih serius dibandingkan infeksi saluran kemih bagian bawah karena mempunyai resiko kerusakan pada ginjal.
Tingkat kesembuhan dari infeksi saluran kemih bisa dibilang sangat baik. Karena infeksi yang terjadi biasanya ringan & akan hilang dalam waktu 4-5 hari. Bila perlu, antibiotika dapat digunakan untuk mempercepat waktu penyembuhan.
Meskipun demikian, ada beberapa wanita yang melaporkan terjadinya infeksi saluran kemih yang berulang, sehingga diperlukan terapi dengan antibiotika dalam jangka waktu panjang untuk mencegah terulangnya infeksi saluran kemih tersebut.
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar